Senin, 02 April 2012

KAJIAN UMUM PELAJAR BADAN KOORDINASI LEMBAGA DAKWAH SEKOLAH (BKLDS) PURWOREJO


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
BKLDS Purworejo kembali mengadakan kegiatan dakwahnya dengan mengadakan “Kajian Umum Pelajar” yang diadakan pada hari Ahad tertanggal 01 April 2012 bertempat di Musholla Baiturrahman SMK Negeri 1 Purworejo. Alhamdulillah acara kali ini dihadiri 38 peserta yang terdiri dari 24 akhwat dan 14 ikhwan dari beberapa sekolah menengah atas di wilayah Purworejo.
Peserta Akhwat


Denga mengusung tema “Menjadikan Hidup Lebih Hidup!” BKLDS kepengen ngasih tau bahwa hidup itu ga cuma dari proses tumbuh dan berkembang dari proses di rahim, lahir tumbuh sampe tua. Sehingga banyak orang yang hidup sekedar hidup, biasa-biasa aja, ga ngerti makna hidup. Maka BKLDS milih tema ini supaya remaja Muslim bisa tau tentang hidup yang benar sebagai seorang Muslim.
Peserta Ikhwan

Yup, dijadwalkan mulai acara jam 08.30 WIB yang tenyata harus molor sampe jam 09.15 WIB karena beberapa hal. Mulai acara dengan dipandu oleh MC yang dijabat oleh Akhi Imam Muhkholiq (MC dadakan coz MC aslinya berhalangan hadir). Sang MC membacakan susunan acara pagi itu. Begini nih susunan acaranya:
  1. Pembukaan (dengan bareng-bareng baca Al-fatihah).
  2. Sambutan ketua panitia (Akhi Arwani Ahmad).
  3. Sambutan ketua BKLDS (Akhi Dhika Tri Widayat).
  4. Acara inti (Kajian Islam ”Menjadikan Hidup Lebih Hidup!”).
  5. Penutup
Pembukaan jalan, selesai dan dilanjut dengan Sambutan Ketua Panitia yang disampein sama Akhi Arwani. Dijelasin dalam sambutannya tentang gambaran tema, kenapa tema itu diusung.
akhi Arwani ngasih sambutan

Sambutan Ketua Panitia

Next, Sambutan Ketua BKLDS, yaitu Akhi Dhika. Si akhi ini nyampein tentang penntingnya dakwah. Dia ngingetin kita untuk selalu berdakwah. Si akhi juga ngutip Q.S Ali Imran:104 yang isinya tentang dakwah. “Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan ummat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar, dan merekalah orang-orang yang beruntung” (TQS. Ali Imran:104). Mau jadi orang beruntung? Pasti mau ya? Makanya terapin tuh QS. Ali Imran ayat 104 tadi dengan aktif dalam dakwah.
Sambutan Ketua BKLDS


si akhi lagi nyambut

Cukup itu, lalu acara dilanjuti sama si MC ke acara yang pokok, yaitu Kajian Islam “Menjadikan Hidup Lebih Hidup!” yang disampein sama Bp. Ust Pristian Surono Putro, AMK (Ust Pris). Setelah ta’arufan sebentar, beliau nyampein tentang hakekat hidup. Proses kehidupan itu dari kita di dalam rahim, lahir, tumbuh dari bayi, kanak-kanak, anak-anak, remaja, dewasa sampe tua, butuh makan, minum dan lainnya sampe akhirnya tua dan meninggal. “Walaupun meninggal itu ga harus nunggu tua dulu.” Gitu kata Ust Pris. Beliau juga nanya kalo itu yang dianggep hidup, “Apa bedanya sama ini?” sambil nunjukin gambar Orang Utan.
Ga mau kan kita disamain dengan hewan? Pasti ga mau. Makanya kita diajak memaknai hidup itu tidak hanya seperti proses diatas tadi. Biar kita tau makna hidup yang dikasih sama Allah kepada kita maka beliau ngasih kita pertanyaan untuk dijawab. 3 pertanyaan terkait dengan simpul besar –Uqdhatul Qubro-, yaitu:
  1. Dari mana kita hidup? –pasti dari Allah-.
  2. Untuk apa kita Hidup? –karena Allah yang nyiptain kita, Allah nugasin kita hidup untuk apa? Liat QS. Adzzariyat ayat 56, yaitu untuk beribadah kepada Allah.
  3. Kemana kita setelah hidup? –pasti kita meninggal dan mempertanggung jawabkan kehidupan kita didunia dengan hisab Allah-.
Tapi kenyataannya dalam hidup mereka terutama para remaja banyak problem yang dihadapi. Apalagi dizaman sekarang ini,banyak produk-produk orang-orang kafir yang membuat remaja Muslim semakin jauh sama Islam dan ironisnya lagi hal-hal seperti itu malah menjadi trend.
Ust Pris juga nyuguhin kita dengan beberapa tayangan yang menggambarkan problem remaja Muslim sekarang ini, yaitu seks bebas, hura-hura, narkoba dan banyak lagi. Ternyata semua itu dimasukkan oleh orang-orang kafir dalam beberapa media vital zaman sekarang yaitu:
  1. Perfilman dan periklanan.
Dari hal sepele bisa kita liat, iklan sandal aja kaki yang dipake kaki nya siapa? Kaki Akhwat yang itu adalah aurat.” itu perumpamaan dari Ust Pris.
  1. Menghadirkan tokoh idola dari non Muslim.
”Coba kenal GunN Roses? Kenal Birthney Spears? Pati kenal ya? Kalo Sa’id bin Amir kenal? Utsman bin Maz’un?” Ust Pris mancing para peserta yang tenyata malah ga kenal dengan para Sahabat.
“Itulah cara mereka sehingga mereka memperkenalkan idola itu sehingga remaja Muslim banyak yang ga tau sama para Sahabat Rasul”
Nah, dari banyak hal-hal tadi, problem tadi, kita semua diajak sama Ust Pris buat jadi “Dokter Ummat” buat mereka yang sedang sakit “Jauh dari Islam”. Beliau kasih kita waktu untuk diskusi tentang 3 petrtanyaan ini:
  1. apa spenyebabnya –proble-problem tadi_?
  2. Apa solusinya?
  3. Bagaimana sikap kita untuk mengatasinya?
Hasil diskusi mereka cukup bagus. Intinya adalah hal itu disebabkan oleh jauhnya kita dari Islam yang dipengaruhi oleh orang-orang kafir. Solusinya adalah kembali pada Islam yang benar dengan menerapkan Islam secara kaffah –menyeluruh-.
Itu sekilas tentang materi yang beliau sampein. Thanks for Ust Pris.
Acara inti selesai, berarti acara selanjutnya yaitu penutup. Penutup ini ditutup oleh akhi Dhika dengan bareng-bareng baca do’a Kafaratul Majlis ”.......”
Hidup pasti jadi lebih hidup dengan Islam. Dakwah Islam jangan ditinggalkan, tetap semangat dan Istiqomah dijalan dakwah. Hai Pemuda Muslim, serulah kebajikan, tebar pesona positif. Allah selalu melindungi kita. Hidupkan Hidup Kita.
”Takbiiiiiiiiiiiiiirrrrr...........”
Allaahu Akbar.

Wasslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar